BERITABerita Nasional

Sri Mulyani: Pemerintah Tingkatkan Akses Perempuan Atas Instrumen Keuangan

Sri Mulyani: Pemerintah Tingkatkan Akses Perempuan Atas Instrumen Keuangan

Sri Mulyani: Pemerintah Tingkatkan Akses Perempuan Atas Instrumen Keuangan
Ilustrasi Foto IG @Sri Mulayani

REINHA.com – Pemerintah Indonesia telah mengambil langkah-langkah untuk meningkatkan akses perempuan atas instrumen keuangan.

Memberikan kesempatan akses keuangan tidak hanya bagus untuk perempuan itu sendiri tapi juga untuk keluarganya. Populasi perempuan di Indonesia hampir setengah dari total populasi Indonesia. Jika dilihat dari usianya, 86 juta perempuan berada pada usia produktif, yaitu usia 20-64 tahun. Investasi pada perempuan dan remaja perempuan menjadi penting.

(Baca juga: Presiden Jokowi: Hubungan Negara Ekonomi Maju Seperti Serial Game of Thrones)

Hal ini disampaikan oleh Menteri Keuangan RI, Sri Mulayani dalam sambutan di acara Toronto Centre for Global Leadership in Financial Supervison yang merupakan rangkaian Pertemuan Tahunan IMF-WBG Bali 2018 pada hari Kamis 11 Oktober 2018.

Dalam kasus Indonesia, peningkatan akses keuangan bagi perempuan menjadi semakin mendesak, bukan hanya karena kebutuhan untuk mengatasi masalah ketidaksetaraan, tetapi juga karena sifat demografinya.

Pemerintah telah mengambil langkah-langkah untuk meningkatkan akses perempuan atas instrumen keuangan, yaitu: pelatihan pengusaha, program literasi keuangan, meningkatkan pencairan skema Kredit Usaha Rakyat (KUR) dari Rp 120 triliun yang dialokasikan tahun ini menjadi Rp 123,53 triliun karena meningkatnya permintaan untuk kredit UMKM. Pemerintah Indonesia, melalui kebijakannya akan mendukung kesetaraan gender dan teknologi digital.

# Sri Mulyani: Pemerintah Tingkatkan Akses Perempuan Atas Instrumen Keuangan

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.