Perkuat Hubungan, Sri Mulyani Dan Menteri Keuangan Australia Tandatangani MoU

Ngopi Dengan Ganjar Dan Anies, Ridwan Kamil: Perbedaan Adalah Rahmat, Persatuan Adalah Mulia

IG @Sri Mulyani

REINHA.com – Menteri Keuangan RI Sri Mulyani Indrawati dan Australian Treasurer (Menteri Keuangan Australia) Joshua Anthony Frydenberg menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) pada tanggal 5 November 2018 di Canberra, Australia.

Penandatanganan ini sebagai tindak lanjut untuk memperkuat hubungan Indonesia dan Australia khususnya dalam Program Kemitraan Indonesia Australia untuk Perekonomian (PROSPERA). Dalam kesempatan itu Menteri Keuangan Australia menyampaikan selamat atas kesuksesan Indonesia dalam penyelenggaraan Pertemuan Tahunan IMF – Bank Dunia di Bali. Selain itu, beliau juga mnyampaikan duka cita yang mendalam atas terjadinya kecelakaan pesawat Lion Air di Indonesia. Frydenberg juga berharap kerja sama ini dapat terus berlanjut dan memberikan manfaat bagi kedua negara.

(Baca juga: Ngopi Dengan Ganjar Dan Anies, Ridwan Kamil: Perbedaan Adalah Rahmat, Persatuan Adalah Mulia)

Sri Mulyani menyampaikan rasa terima kasih kepada Kementerian Keuangan Australia atas bantuan terhadap tim reformasi perpajakan untuk belajar dari pengalaman Austalian Tax Office dalam mengelola perubahan. Terima kasih juga atas dukungan Australia terhadap keanggotaan Indonesia dalam FATF Financial Action Task Force, kata Sri Mulyani dikutip dari akun Instagram miliknya.

Beberapa hal yang menjadi cakupan dalam bidang kerja sama antara lain adalah melalui kunjungan bilateral, konferensi/lokakarya, penelitian bersama, pertukaran informasi, magang/pertukaran pegawai, dan jadwal kerja sama tahunan.

Kedua pihak akan memfasilitasi pertukaran dan pembagian informasi mengenai praktik kebijakan yang terbaik dan berbagi pengalaman teknis melalui PROSPERA.

Sri Mulyani mengatakan sangat menghargai komitmen pemerintah Australia dalam kerjasama yang baik antar negara. Kementerian Keuangan sangat terbantu atas pengalaman Australia dalam mengelola fiskal dan juga reformasi perpajakan.

Kerja sama ini memperbaharui MoU sebelumnya yang ditandatangani pada tahun 2013, dimana Australian Treasurer dan Badan Kebijakan Fiskal telah mengadakan dialog kebijakan ekonomi bilateral (Bilateral Economic Policy Dialogue/BEPD). Setiap tahun, Treasury dan BKF akan mendiskusikan dan menentukan prioritas bersama atas keterlibatan dan kerja sama terkait kebijakan di tahun mendatang dan diadakan di lokasi yang bergantian.

# Perkuat Hubungan, Sri Mulyani Dan Menteri Keuangan Australia Tandatangani MoU