Suara Misterius Di Langit Pantura, Suara Apa Itu?
Pesawat Antonov tercatat terbang di atas langit Jawa

REINHA.com – Media sosial ramai membahas ‘suara misterius’ yang mendengung kencang di langit sejumlah daerah di pantai utara Jawa (Pantura): Cirebon, Pekalongan, Semarang sampai ke Blora.

Ada yang menyebut suara yang terdengar di waktu bersamaan, pada Jumat (14/12), pukul 01:00 WIB dini hari itu seperti “klakson kereta api tapi jauh”, “suara terompet” hingga “suara-pesawat terbang rendah”, meskipun tidak ada pesawat yang terlihat.

(Baca juga: Jokowi: Tidak Susah Jika Hanya Untuk Menyenangkan Masyarakat)

Banyak yang menduga suara tersebut berasa dari pesawat kargo, bahkan disebut-sebut pesawat Antonov.

Kata TNI AU

TNI AU menyakini suara misterius yang meraung-raung dan didengar warga Pantura tersebut bukan berasal dari pesawat Antonov An-12BP. TNI AU menyebut pesawat tersebut selalu termonitor berada di ketinggian 22 ribu kaki.

Suara Misterius Di Langit Pantura, Suara Apakah Itu?
Twitter @TNI_AU

“Nope, pesawat AN-12 milik Ukraina tersebut selama memasuki wilayah udara NKRI selalu termonitor berada di ketinggian 22.000 ft,” tulis akun Twitter TNI AU, @_TNIAU menanggapi fenomena tersebut.

Pernyataan tersebut disampaikan TNI AU untuk menjawab pertanyaan pengguna Twitter lain yang menampilkan screenshot Flight Radar 24.

Screenshot tersebut menampilkan rute pesawat Antonov An-12BP.

Menurut TNI AU, ukuran pesawat Antonov An-12BP hampir sama dengan pesawat Hercules C-130.

Namun pesawat tersebut tidak mungkin mengeluarkan suara seperti yang didengar warga jika berada di ketinggian 22 ribu kaki.

Kata Pengamat Penerbangan

Dikutip dari tribun, pengamat penerbangan Alvin Lie angkat bicara mengenai heboh suara pesawat di Pekalongan.

Alvin menyebut tidak ada yang luar biasa pada kejadian tersebut.

Pesawat itu lewat dinihari sehingga terdengar keras.

“Tadi saya cek di Flight Radar 24 memang ada pesawat berjenis kargo lewat di sana (Pekalongan) sekitar pukul 02.30 di ketinggian 23 ribu kaki. Tidak ada yang luar biasa,” ujarnya Jumat (14/12/2018).

(Baca juga: Pertama Dalam Sejarah, Paus Fransiskus Kunjungi Uni Emirat Arab)

Menurut Alvin, pesawat kargo yang lewat tersebut berbadan besar. Namun dia tidak yakin pesawat itu apakah buatan Cina atau Rusia.

“Pesawat itu tidak terbang rendah. Pesawat itu terbang di 23 ribu kaki, tidak rendah lho,” jelas pengamat penerbangan yang juga ketua Ombudsman Republik Indonesia ini.

Hasil pengamatannya, pesawat tersebut akan menuju Melbourne Australia. Pesawat itu berangkat dari Jakarta.

“Bisa saja dia berhenti di Jakarta untuk mengisi bahan bakar,” tandasnya.

Ia pastikan pesawat tersebut bukan pesawat penyusup.

TNI AU pastinya akan mengawal ketat jika kedapatan pesawat asing masuk ke Indonesia.

Pesawat penyusup bisa dikawal TNI. Apalagi masuk Pulau Jawa. Di perbatasan saja sudah langsung dikawal,” tukasnya.

Kata BMKG Dan AirNav

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kota Semarang mengungkapkan bahwa suara mendengung di langit Pantura itu “bukan fenomena alam”, melainkan suara pesawat.

“Bisa jadi kan pesawat itu terbang di daerah-daerah tersebut. Makanya warga mendengar suaranya tapi tidak melihat pesawatnya langsung,” kata Kepala Stasiun Klimatologi Kelas I BMKG Kota Semarang Tuban Wiyoso.

Lembaga penyelenggara layanan navigasi penerbangan (AirNav) Indonesia juga sependapat dengan BMKG.

“Baling-baling pesawat, bahwa pergerakan pesawat di wilayah udara yang di Indonesia adalah 24 jam bisa sipil atau militer,” ujar Manajer Operasional AirNav Semarang, Kelik Widjanarko.

Namun, baik pernyataan BMKG maupun AirNav tersebut, hingga berita ini diturunkan, masih berupa dugaan.

Penjelasan NASA

Suara mendengung, mengaum, terdengar seperti suara terompet dari langit, seperti yang terjadi di Pantura, bukanlah yang pertama.

Bunyi misterius ini terekam di banyak kesempatan di berbagai belahan dunia.

Misalnya saja di Filipina, yang terjadi di kota Suralla, pada 13 November lalu. Di Texas, Amerika Serikat. Pada 4 April 2015, suara mendengung di langit juga terdengar di Jerman. Juga di British Columbia, Kanada.

Tidak bisa dipungkiri, banyak orang yang kemudian mengaitkan suara dari langit tersebut dengan kiamat atau suara pesawat alien (UFO).

Namun, Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) menegaskan suara ‘misterius’ dari berbagai belahan dunia itu “tidak berasal dari pesawat makhluk asing”.

NASA mengungkapkan bahwa suara yang banyak diperbincangkan itu adalah “suara latar bumi, yang terjadi secara alami”.

Seorang juru bicara NASA menjelaskan: “Jika manusia punya antena radio di tubuhnya, maka kita akan mendengar berbagai suara aneh, berbagai simfoni, yang keluar dari planet kita ini.”

Menurut NASA, “Suara itu mungkin terdengar seperti suara latar film-film fiksi ilmiah, tapi suara yang didengarkan banyak orang tersebut, bukanlah fiksi ilmiah.”

Lebih jauh lagi, fenomena suara latar bumi ini diungkapkan NASA, terjadi terus menerus. Namun, karena keterbatasan kemampuan pendengaran manusia, kita tidak bisa mendengarnya, kecuali jika volumenya sedang tinggi-tingginya.

Itulah penjelasan NASA terkait ‘suara misterius’ dari langit yang muncul di berbagai tempat di bumi.

Kalau didengarkan, rekaman suara misterius di langit Pantura mirip dengan rekaman-rekaman di berbagai lokasi di atas. Sekarang, kita tunggu penjelasan resmi dari Indonesia.

# Suara Misterius Di Langit Pantura, Suara Apakah Itu?

  • 8
    Shares