Panglima TNI Terjun Langsung Ke Lokasi Karhutla

Panglima TNI Terjun Langsung Ke Lokasi Karhutla
@Kementerian LHK

REINHA.com – Tim gabungan yang terdiri dari Manggala Agni KLHK, TNI, Polri, dan pihak terkait lainnya berkomitmen untuk menanggulanggi kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang terjadi di Pulau Rupat, Kab. Bengkalis, Riau.

Kondisi tanah gambut yang cukup tebal (lebih dari 3 meter) dan tidak tergenang atau basah, menyebabkan kawasan menjadi sangat rentan terbakar dan sulit untuk dipadamkan.

(Baca juga: Siti Nurbaya: Kurangi Sampah Mulai Dari Rumah Kita Sendiri)

Panglima TNI, Hadi Tjahjanto yang terjun langsung ke lokasi karhutla mengatakan, bahwa akan meningkatkan intensitas pemadaman di pulau rupat, diantaranya menambah personil, koordinasi antar pihak, dan penambahan sarana dan prasarana.

Selain itu, ia juga menambahkan bahwa langkah antisipatif perlu terus dilakukan, melalui penetapan status siaga darurat sejak dini. Hal ini dilakukan untuk penanganan karhutla agar lebih optimal dengan dukungan anggaran dan sumber daya.

Selain penetapan status siaga darurat sejak dini, upaya pencegahan juga terus dilakukan melalui patroli pencegahan, sosialisasi kepada masyarakat, pemantauan cuaca, deteksi dini hotspot, dan juga pemadaman dini di lapangan.

Apabila melihat kecenderungan fenomena tahun-tahun sebelumnya, siklus rawan karhutla di wilayah Riau biasanya terjadi pada dua periode. Periode pertama terjadi pada bulan Januari – Maret dan periode kedua pada bulan Juli – Oktober.

# Panglima TNI Terjun Langsung Ke Lokasi Karhutla

  • 3
    Shares