Indah Dan Unik Pantai Pasir Putih Ape Matan Di Adonara, Flores Timur

Indah Dan Unik Pantai Pasir Putih Ape Matan Di Adonara, Flores Timur
Pantai Ape Matan @reinha.com

REINHA.com – Pulau Adonara di Kabupaten Flores Timur memiliki sejumlah keindahan alam khususnya daerah pantai yang luar biasa.

Ada beberapa pantai di pulau adonara sudah dikenal secara umum, seperti Pantai Pasir Putih Meko, Pantai Pasir Merah, Pantai Ina Burak dan Pantai Watotena.

(Baca juga: Wisata Air Panas Larantuka Semakin Diminati)

Kali ini REINHA.com, merekomendasikan sebuah pantai di Desa Adonara yang belum banyak dikenal oleh masyarakat di Kabupaten Flores Timur. Walaupun belum dikenal, pantai ini tak kalah indahnya dengan pantai-pantai lainnya di Indonesia khususnya Adonara, Flores Timur, Nusa Tenggara Timur.

(Video: Keindahan Pantai Ape Matan)

Pantai tersebut adalah Pantai Pasir Putih Ape Matan. Ape Matan sendiri jika diartikan ke bahasa Indonesia berarti Mata Api. Pantai ini terletak di Desa Adonara, Kecamatan Adonara, Kabupaten Flores Timur.

Indah Dan Unik Pantai Pasir Putih Ape Matan Di Adonara, Flores Timur
Pantai Ape Matan @reinha.com

Pantai ini memiliki deburan ombak yang sama dengan pantai Rako di Wulanggitang Kabupaten Flores Timur. Letak perbedaanya hanyalah konsistensi, kepadatan pasir.

Pasir di pantai Ape Matan, lebih padat dimana pengunjung bisa berkendaraan dengan leluasa, tanpa harus takut terjatuh.

Untuk mencapai tempat ini (Pantai Ape Matan) dari Larantuka anda bisa menggunakan kapal penyeberangan di Tobilota atau Tanah Merah dengan ongkos perorang Rp. 5.000.

Dari Tobilota atau Tanah Merah anda bisa menyewa motor atau ojek untuk mencapai Desa Adonara. Akses jalan menuju pantai Ape Matan masih terbilang cukup ekstrim bagi yang belum terbiasa.

Indah Dan Unik Pantai Pasir Putih Ape Matan Di Adonara, Flores Timur
Pantai Ape Matan @reinha.com

Waktu yang dibutuhkan untuk mencapai tempat ini kira-kira 30 menit. Rasa lelah akan terbayar ketika mencapai Pantai Ape Matan.

(Baca juga: Lima Tempat Wisata Yang Harus Anda Kunjungi Di Larantuka)

Bentangan pasir putih panjang dengan kumpulan pohon bakau di ujung kiri dan kanan pantai menambah keindahan dan keunikan tersendiri yang tentunya tidak anda temukan di pantai lain di Kabupaten Flores Timur.

Selain pasirnya ada hal unik lainnya yang terjadi dipantai ini. Disaat matahari jatuh (senja) sekitar pukul 4 sore, sinar matahari akan terhalang oleh gugusan bukit dibelakangnya, menghasilkan bias cahaya matahari yang jatuh terlihat indah dan menawan.

Janganlah berkecil hati jika tidak bisa menikmati sunset di pantai ini. Karena di Pantai Ape Matan, anda akan disuguhkan suasana sunrise yang lebih menawan.

# Indah Dan Unik Pantai Pasir Putih Ape Matan Di Adonara, Flores Timur

  • 31
    Shares