Begini Cara Belegans Bantu Padamkan Karhutla Di Gunung (Ile) Mandiri Tanpa Menggunakan Air

Begini Cara Belegans Bantu Padamkan Karhutla Di Gunung (Ile) Mandiri Tanpa Menggunakan Air
Kebakaran hutan dan lahan di Gunung Mandiri @reinha.com

REINHA.com – Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di Gunung (Ile) Mandiri, Larantuka, Flores Timur, akhirnya bisa diatasi. Hal ini berkat kerja keras dari semua eleman pemerintahan, TNI, Polri dan para relawan yang secara sukarela ikut berpartisipasi dalam pemadaman kebakaran hutan dan lahan tersebut.

Salah satu tim relawan yang ikut berpartisipasi dalam pemadaman tersebut adalah Belegans Community.

Belegans Community secara sukarela dan bertahap menapaki tinggi dan curamnya lereng bukit Gunung Mandiri untuk membantu memadamkan api yang meluluhlantahkan sebagian hutan di Gunung (Ile) Mandiri.

(Baca juga: Babinsa se-Larantuka Bersama “Belegans” Ikut Padamkan Api Di Gunung (Ile) Mandiri)

Pada hari ke-5 (Jumat 20 September 2019) kebakaran hutan dan lahan di Gunung Mandiri, Belegans Community kembali menyisir lereng bukit Gunung Mandiri untuk memastikan bahwa tak tersisa sedikitpun bara api yang hidup.

Pemadaman kebekaran hutan di Gunung Mandiri

Tak segan-segan tim ini menginap di atas ketinggian bukit Mandiri dan kembali beraksi keesokan harinya.

Begini Cara Belegans Bantu Padamkan Karhutla Di Gunung (Ile) Mandiri Tanpa Menggunakan Air
Tim dari Belegans Community pose bersama tim TNI dari Koramil Larantuka @reinha.com

Pada hari Sabtu, 21 Sepetember 2019 tim Belegans yang sudah berada di atas ketinggian Gunung Mandiri menyambut kedatangan tim dari Koramil Larantuka dan kembali beraksi bersama memadamkan titik api yang tersisa.

(Baca juga: Satpol PP, PILAR Dan Belegans Community Padamkan Titik Api Di Gunung (Ile) Mandiri Pada Malam Hari)

Diawal aksinya tim Belegans bergerak atas dasar nurani, dimana tim yang terdiri atas sekumpulan anak muda ini tidak rela jika satu-satunya hutan yang dimilikinya diluluhlantahkan oleh “si jago merah”.

Tim membekali dirinya dengan peralatan seadanya, hingga konsumsinyapun tim menyediakannya sendiri.

Di hari ke-5 Karhutla, tim mendapat support makanan dan minuman dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Flores Timur.

Pemadaman api di Gunung Mandiri hari ke-6

Cara Kerja Tim Belegans Community Memadamkan Api

Di hari ke-2 saat kebakaran melanda hutan di Gunung Mandiri, Belegans Community bersama Babinsa se-Larantuka terjun langsung ke titik api dan memadamkannya.

Teknik yang dilakukan Belegans adalah membersihkan lahan di sekitar titik api, membuat jalur bersih selebar pinggang orang dewasa, dimana hal tersebut dimaksudkan agar api tidak merambat ke tempat lain.

Setelah kobaran api mulai meredup atau mati, tim Belegans kemudian menelusuri lahan yang terbakar mencari bara-bara api yang tersisa untuk dipadamkan. Memadamkan bara api pun dilakukan dengan cara yang sederhana yaitu dengan cara menguburkan atau menutupinya dengan tanah.

# Begini Cara Belegans Bantu Padamkan Karhutla Di Gunung (Ile) Mandiri Tanpa Menggunakan Air

  • 38
    Shares