Uni Eropa Sepakati Dana Pemulihan Ekonomi Pasca Pandemi Virus Corona

Uni Eropa Sepakati Dana Pemulihan Ekonomi Pasca Pandemi Virus Corona
Presiden Prancis Emmanuel Macron mengambil gambar dari sebuah dokumen yang dipegang oleh Kanselir Jerman Angela Merkel selama KTT UE tatap muka pertama sejak wabah penyakit coronavirus (COVID-19), di Brussels, Belgia, 20 Juli 2020 © Pool via Reuters / John Thys

REINHA.com – Uni Eropa telah mencapai kesepakatan untuk dana pemulihan ekonomi pasca pandemi virus corona setelah perdebatan panjang. Paket dana tersebut mencapai nilai sebesar 750 miliar euro.

Ke-27 pemimpin Uni Eropa menandatangani perjanjian besar tersebut pada hari Selasa pagi, dengan ketua KTT Charles Michel yang hanya men-tweet di twitternya dengan kata “Deal!” untuk menandai kesepakatan tersebut. Dia bergabung dengan Presiden Perancis Emmanuel Macron, yang memuji langkah itu sebagai langkah yang “bersejarah” bagi Eropa.

(Baca juga: Di Tengah Ketidakpastian Global, Perekonomian Indonesia 2019 Tumbuh 5,02%)

Para pejabat dari blok regional bertemu di Brussel akhir pekan sebagai pertemuan puncak dua hari untuk menuntaskan perincian RUU pemulihan corona virus sebesar 1,8 triliun euro yang lebih luas, tetapi memperebutkan dana stimulus 750 miliar uero- yang akan dibagikan ke bisnis dalam bentuk hibah dan pinjaman – menunda negosiasi selama berhari-hari.

“Ini merupakan KTT yang panjang dan KTT yang menantang, tetapi hadiahnya layak dinegosiasikan,” kata Perdana Menteri Irlandia Micheal Martin ketika pertemuan itu mendekati rekor KTT terpanjang yang pernah ada di blok itu, yang hanya dikalahkan oleh pertemuan pada 2000 di Perancis. kota Nice.

Kesepakatan mengenai dana stimulus dilaporkan terjadi setelah kompromi dicapai antara serangkaian kelompok kerja yang lebih kecil, menurut EuroNews, yang tampaknya menenangkan Perdana Menteri Belanda Mark Rutte, lawan terkuat dalam rencana itu, yang bersikeras meminta 350 miliar uero untuk hibah, mendukung kondisi pinjaman yang lebih ketat.

# Uni Eropa Sepakati Dana Pemulihan Ekonomi Pasca Pandemi Virus Corona

  • 3
    Shares

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.