China Dan Inggris Saling Serang Soal HAM

China Dan Inggris Saling Serang Soal HAM

Juru bicara Kementerian Luar Negeri China Wang Wenbin (FILE PHOTO) © REUTERS / Thomas Peter

REINHA.com – Kementerian Luar Negeri China mengecam Inggris, menyesalkan penggunaan suara mereka di Dewan Hak Asasi Manusia PBB untuk “menyebarkan informasi palsu” dimana London menuduh Beijing secara sistematis melanggar hak asasi manusia dari kelompok minoritas.

“Pengadopsian resolusi yang disebut Inggris tentang masalah ini jelas merupakan sebuah motif tersembunyi. Tujuannya adalah untuk membingungkan dan mendiskreditkan China… Kami dengan tegas menentang ini. Trik Inggris tidak bisa menipu komunitas internasional, ”juru bicara Kementerian Luar Negeri Wang Wenbin mengatakan kepada wartawan, Rabu.

(Baca juga: Kejaksaan Hentikan Perkara Penistaan Agama Nakes Laki-laki Yang Memandikan Jenazah Perempuan)

Wang berusaha untuk menyoroti “standar ganda” Inggris tentang masalah hak asasi manusia, mengklaim bahwa sepertiga keluarga dengan anak di bawah 5 tahun di Inggris hidup dalam kemiskinan. “Pasukan Inggris tanpa pandang bulu membunuh dan menyiksa orang tak berdosa di Irak, Afghanistan dan tempat lain, tapi pelakunya dilindungi oleh pemerintah Inggris dan masih buron,” tambah juru bicara itu.

Wang mengatakan Beijing mendesak Inggris untuk melihat situasi hak asasi manusianya sendiri dan mengambil tindakan nyata, menambahkan bahwa mereka harus mengadopsi pendekatan yang lebih konstruktif untuk perkembangan yang sehat dari hak asasi manusia internasional.

(Baca juga: Australia Paksa Facebook Dan Google Bayar Penerbit Berita Untuk Konten Di Negaranya)

Juru bicara tersebut mengklaim bahwa xenofobia dan ujaran kebencian merajalela di Inggris dan bahwa hak-hak imigran dilanggar secara serius, sebuah pernyataan yang diadopsi Beijing sejak Inggris menawarkan kesempatan kepada jutaan warga Hong Kong untuk menyelesaikan dan mendapatkan kewarganegaraan Inggris penuh mulai Februari 2021.

Komentar Wang muncul setelah Menteri Luar Negeri Inggris Dominic Raab mengecam China dalam pidatonya di Dewan Hak Asasi Manusia PBB pada hari Senin, menuduh Beijing melakukan berbagai pelanggaran hak asasi manusia.

Raab mengutip pelanggaran hak asasi manusia di Tibet, Xinjiang dan Hong Kong, bersikeras bahwa Inggris akan terus meminta pertanggungjawaban China dan meminta akses tanpa batas ke Xinjiang di mana Muslim Uighur diduga dianiaya.

# China Dan Inggris Saling Serang Soal HAM

  • 2
    Shares

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.