Puskesmas Waiwadan Telah Mencapai 1292 Sasaran Vaksinasi

Puskesmas Waiwadan Telah Mencapai 1292 Sasaran Vaksinasi

@reinha.com

REINHA.com – Kepala Puskesmas (Kapus) Waiwadan, Nikolaus Narek Kopong mengatakan sebanyak 1292 masyarakat telah divaksin oleh tim vaksinator Puskesmas Waiwadan. Hal tersebut disampaikan oleh Kapus setelah kegiatan Vaksinansi ke-22 yang digelar di aula Puskesmas Waiwadan pada hari Kamis, 2 September 2021.

Nikolaus menjelaskan bahwa pelaksanaan Vaksinasi COVID-19 dosis pertama di Kecamatan Adonara Barat telah dilakukan sebanyak 22 kali, untuk dosis ke dua 17 kali, dan dosis ke tiga 1 kali untuk tenaga kesehatan. Pelaksanaan Vaksinasi juga sudah dilaksanakan di desa yang aksesnya sulit di jangkau, yaitu di desa Wolokelibang dan di desa Ilepati.

(Video: Sebanyak 1292 Masyarakat Sudah Divaksin Oleh Puskesmas Waiwadan)

Nikolaus mengatakan bahwa ada kendala yang dihadapi saat Vaksinasi di kedua desa tersebut, dimana ada masyarakat yang masih takut untuk divaksin, dan ada yang sudah siap divaksin. Di dua desa itu, desa Ilepati menunjukkan progres yang luar biasa, masyarakat sangat antusias untuk melaksanakan Vaksinasi, kata Niko.

“Untuk pelaksanaan Vaksinasi di puskesmas ini, kami menggunakan aplikasi google form, jadi masyarakat kami arahkan untuk bisa mengisi data di aplikasi google form sehingga masyarakat bisa mengentri data dan kami tinggal mengecek jumlah berapa sesuai dengan kuota yang akan kami lakukan. Jadi, untuk antusias masyarakat Adonara Barat maupun di luar wilayah Adonara Barat begitu tinggi. Untuk luar wilayah Adonara Barat saat ini, per 31 agustus itu sekitar 143 orang, tambah dengan hari ini yang kita belum rekap, tapi rata-rata dari luar daerah, dari Boru, Tanjung Bunga, Kecamatan Witihama, Kecamatan Wotan Ulumado, Kecamatan Klubagolit, Kecamatan Adonara mereka datang ke Puskesmas Waiwadan untuk melakukan kegiatan vaksin ini. Sementara untuk desa di Adonara Barat ini sudah sekitar seribu lebih kami sudah lakukan Vaksinasi” tutur Nikolaus.

Niko mengatakan dikarenakan progres kegiatan Vaksinasi di Puskesmas Waiwadan termasuk cepat, untuk kedepannya sesuai dengan arahan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Flores Timur, kami diberikan vaksin tambahan terus. Jadi, tanggal 6 September, 8 September, 10 September, akan ada pelayanan vaksin lagi di Puskesmas Waiwadan ini.

Niko berharap kegiatan Vaksinasi tetap berlangsung di Puskesmas Waiwadan agar mempermudah tim vaksinator berada ditempat, dan bila terjadi KIPI (Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi), alat-alat sarana kesehatan ada di puskesmas sehingga pertolongan kita lebih cepat.

# Puskesmas Waiwadan Telah Mencapai 1292 Sasaran Vaksinasi

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.