KESEHATAN

Mata Remaja Ini Nyaris Buta Akibat Dihuni Parasit Berbahaya

Mata Remaja Ini Nyaris Buta Akibat Dihuni Parasit Berbahaya

Mata Remaja Ini Nyaris Buta Akibat Dihuni Parasit Berbahaya

REINHA.com – Jess Greaney, 19 tahun, nyaris mengalami kebutaan setelah ada parasit yang tinggal di area lembab di matanya. Mahasiswi asal Birmingham, Inggris, ini tidak mampu membuka mata kirinya, karena parasit tersebut memakan kornea matanya dari dalam.

Jess mulai merasakan sakit di mata kirinya pada awal April kemarin. Atas saran seorang teman, Jess memeriksakan kesehatan matanya ke dokter. Awalnya dokter mengira apa yang dialaminya hanyalah efek dari sakit maag yang dideritanya. Namun beberapa hari kemudian, mata Jess membengkak, merah terang dan terasa sangat sakit. Kali ini Jess harus dirawat di rumah sakit.

(Baca juga: Dokter Tinggalkan Ponsel Di Perut Wanita Saat Operasi)

“Itu cukup aneh, rasa sakitnya tidak berhenti. Mata saya menutup dengan sendirinya dan tidak bisa bertahan dalam keadaan terbuka” ucap mahasiswi tahun pertama Universitas Nottingham ini, seperti dilansir Mirror, 16 Mei 2015.

Setelah pemeriksaan lebih lanjut, dokter menemukan bahwa Jess terinfeksi parasit berbahaya yang dikenal dengan nama Acanthamoeba Keratitis, parasit ini hidup di tempat manapun yang mengandung air. Diduga parasit tersebut masuk ke mata Jess lewat kontak lens yang dicucinya dengan air yang tidak steril.

Setelah seminggu di rumah sakit, dokter mengizinkan Jess pulang dengan syarat Jess harus menggunakan obat tetes matanya hingga 41 kali sehari. Entah berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk membasmi parasit tersebut. Kini dosis tetes mata yang digunakannya berkurang hanya 22 kali sehari, namun ia masih harus memeriksakan matanya setiap dua minggu sekali.

# Mata Remaja Ini Nyaris Buta Akibat Dihuni Parasit Berbahaya (rsn-reinha)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.