Seringkali Dihindari, Karbohidrat Ternyata Baik Untuk Diet

Seringkali Dihindari, Karbohidrat Ternyata Baik Untuk Diet

Seringkali Dihindari, Karbohidrat Ternyata Baik Untuk Diet

REINHA.com – Sejumlah metode diet belakangan ini menawarkan penurunan berat badan yang cepat dengan syarat mengurangi asupan karbohidrat. Sebut saja diet Atkins, salah satu metode diet rendah karbohidrat, mereka yang menerapkan diet ini dikatakan dapat menurunkan berat badan 7 hingga 10 kg hanya dalam satu bulan saja.

Berbagai jenis makanan sumber karbohidrat pun semakin lama semakin mendapatkan citra buruk, terutama bagi mereka para pelaku diet. Diet rendah karbohidrat memang efektif untuk menurunkan berat badan dengan cepat, namun apakah metode diet semacam itu baik bagi kesehatan tubuh?

(Baca juga: Diet Mayo Benarkah Efektif Turunkan Berat Badan?)

Seperti dilansir Dailymail, 22 Juni 2015, Grace Lavinia, seorang personal trainer dalam bidang kesehatan mengatakan bahwa, sesungguhnya seseorang membutuhkan karbohidrat di dalam menu diet yang sehat. Karbohidrat pun ternyata memiliki dua jenis yang berbeda, yaitu karbohidrat sederhana dan karbohidrat kompleks.

Karbohidrat sederhana terdiri dari satu atau dua molekul gula, dan merupakan sumber energi yang cepat dicerna. Mengkonsumsi karbohidrat jenis ini dapat mengakibatkan lonjakan gula darah, selain itu tidak ada manfaat yang didapat. Makanan yang mengandung karbohidrat jenis ini, seperti madu, jus dengan tambahan gula, dan sejumlah buah-buahan seperti berry, plum dan melon.

Seringkali Dihindari, Karbohidrat Ternyata Baik Untuk Diet

Karbohidrat kompleks jauh lebih lama untuk dicerna oleh tubuh, karena itu jenis karbohidrat ini akan memberikan energy untuk jangka waktu yang lebih lama. Inilah jenis karbohidrat yang diperlukan oleh tubuh. Makanan yang mengandung karbohidrat jenis ini, seperti biji-bijian (gandum, beras merah, lentil, quinoa), kacang-kacangan dan umbi-umbian.

Pada kenyataannya selama ini karbohidrat hanya dikenali berupa nasi, roti atau pasta. Padahal karbohidrat ditemukan hampir di semua makanan, semua sayuran dan buah-buahan. Karbohidrat pada dasarnya merupakan molekul gula yang baik, hanya perlu dipilih mana yang cepat dicerna dan yang lambat dicerna.

Menurut Grace, saat diet seseorang perlu memasukkan setidaknya sepertiga karbohidrat dari jumlah asupan selama satu hari. Alasannya, karena banyak organ internal termasuk jantung, ginjal dan otak yang membutuhkan peran karbohidrat kompleks. Tanpa karbohidrat kompleks saat diet, tingkat energi seseorang akan menurun dan daya konsentrasi menjadi lemah.

#Seringkali Dihindari, Karbohidrat Ternyata Baik Untuk Diet (rsn-reinha)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.