BERITABerita Dunia

Kota Ini Tetap Kering Saat China Dilanda Banjir Parah

Kota Ini Tetap Kering Saat China Dilanda Banjir Parah

Kota Ini Tetap Kering Saat China Dilanda Banjir Parah

REINHA.com – Banyak kota di China tergenang oleh banjir yang parah selama hujan lebat di bulan Juli, banjir juga telah menelan ratusan korban jiwa. Tapi ada satu kota di China yang tetap kering dan menjadi tempat bagi warga untuk mengamankan diri mereka.

Kota Terlarang yang telah berdiri sejak jaman Dinasti Ming, merupakan satu-satunya kota yang terhindar dari banjir. Rahasianya terdapat pada sistem drainase yang masih berfungsi dengan baik hingga saat ini.

Seperti dilansir Shanghaiist, 28 Juli 2016, kota ini memiliki sistem drainase berumur 600 tahun yang dibangun di sepanjang sisi kota. Saluran air menuju ke bagian luar kota diukir dengan bentuk kepala naga, sehingga ketika hujan badai datang, air mengalir keluar melalui saluran ini. Menciptakan adegan spektakuler “ribuan naga menyemburkan air.

Arsitektur tradisional dengan struktur “tinggi di utara, rendah di selatan” membantu air hujan mengalir turun dengan cepat, sehingga terjadinya banjir besar dapat dicegah. Kota ini juga memiliki sistem pembuangan limbah yang kompleks di mana aliran air tersebar dan mencegah kelebihan genangan.

Minggu lalu, dengan hujan lebat yang melumpuhkan kota-kota di China utara, termasuk Beijing, banyak orang tertarik mengomentari betapa keringnya kerajaan kuno tersebut.

“Sistem drainase di sana memang sangat baik, tapi itu terjadi karena sstem dibangun 600 tahun yang lalu,” tulis salah satu netizen.

“Dengan semua kemajuan teknologi kami, sistem drainase yang modern bahkan tidak bisa mengalahkan orang-orang kuno yang mendirikan Kota Terlarang enam abad yang lalu!” tulis netizen yang lain. (rsn-reinha)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.