BERITABerita Dunia

Pasca Badai Maria, Puerto Riko Diperkirakan Lumpuh Selama 6 Bulan

Pasca Badai Maria, Puerto Riko Diperkirakan Lumpuh Selama 6 Bulan

REINHA.com – Setelah dipukul oleh Badai Maria minggu lalu, badai Kategori 4 dengan kecepatan angin 150 mph, Puerto Riko kini dalam kondisi berantakan. Diperkirakan pulau tersebut akan lumpuh selama 6 bulan ke depan.

Setelah menderita pemadaman listrik yang meluas berkat badai Irma, satu juta penduduk Puerto Rico ditinggalkan tanpa listrik. Belum pulih benar, pualu ini kembali diterjang badai Maria, menyebabkan pemadaman listrik total dan penduduk kesulitan makanan, air dan persediaan lainnya.

Sampai hari ini masih belum ada kekuatan di pulau itu kecuali beberapa generator yang digunakan bangunan berprioritas tinggi seperti rumah sakit. Pulau tersebut diperkirakan tidak akan kembali normal hingga setengah tahun lagi.

Karena pemadaman listrik, banyak penduduk mengandalkan generator gas kecil. Bahan bakar habis, pihak berwenang di Puerto Riko bersikeras bahwa ini adalah masalah distribusi, bukan kekurangan. Penduduk harus mengantri selama 6 jam untuk mendapat bahan bakar, sementara banyak stasiun bahan bakar yang benar-benar kering.

Di sebagian besar Puerto Riko tidak ada air, tidak ada toilet yang dapat disiram, dan tidak ada air minum. Di beberapa bagian terpencil di pulau ini, petugas penyelamat baru saja tiba.

Puerto Riko mengalami semua malapetaka yang disebabkan oleh beberapa badai besar. Di Houston setelah badai Harvey dan Florida setelah badai Irma, sistem pemompaan air limbah gagal, menyebabkan tumpahan limbah yang signifikan.

Hal yang sama hampir dijamin terjadi di Puerto Riko berkat pemadaman listrik yang terus berlanjut, namun akan sangat diperburuk oleh kenyataan bahwa sistem kelistrikan pulau itu “terdegradasi dan tidak aman”. (rt/rsn-reinha)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.