BERITABerita Dunia

Gunung Es Sebesar 185 Km Memisahkan Diri Dari Antartika

Gunung Es Sebesar 185 Km Memisahkan Diri Dari Antartika

REINHA.com – Sebuah gunung es dengan ukuran yang sangat besar telah memisahkan diri dari gletser Pine Island, salah satu gletser utama di mana es dari West Atlantic Ice Sheet mengalir kelaut. Gunung es tersebut memiliki ukuran 185 km persegi atau setara dengan luas kota Washington DC, Amerika Serikat.

Gunung es yang dinamai B-44 memisahkan diri dari gletser Pine Island sekitar tanggal 21 September 2017 lalu. Retakan-retakan terlihat jelas dalam gambar yang tertangkap oleh satelit luar angkasa.

Gletser Pine Island telah menghasilkan gunung es yang lebih besar baru-baru ini. Tercatat sejumlah gunung es super besar telah dihasilkan gletser ini pada tahun 2001, 2007, 2013 dan 2015. Gunung es yang terakhir memisahkan diri pada bulan Juli tahun 2015 memiliki ukuran terbesar dengan luas 583 km persegi.

Menurut seorang ilmuwan dari kelompok penelitian Antartika Inggris, Adrian Luckman, fenomena terbentuknya gunung es besar belakangan ini dikaitkan dengan pemanasan air laut yang mengikis dasar lidah es yang mengambang,.

“Pada umumnya sangat sulit untuk menentukan iklim. Iklim yang berubah merupakan biang keladi terbentuknya gunung es” ucap Luckman. (rsn-reinha)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.