Ilmuwan Berhasil Mentransplantasi Memori Pada Siput

Ilmuwan Berhasil Mentransplantasi Memori Pada Siput

Getty Images

REINHA.com – Berbeda dengan transplantasi organ tubuh yang bukan persoalan di kalangan medis, transplantasi memori otak masih merupakan bagian dari fiksi ilmiah. Namun kini para ilmuwan telah berhasil mentransplantasi memori pada hewan siput.

Tim ilmuwan dari Universitas California, Los Angeles, Amerika Serikat, menguji coba proses transplantasi memori dengan mentransfer bentuk informasi genetik yang disebut RNA dari satu siput ke siput lainnya.

RNA adalah singkatan dari asam ribonukleat, molekul besar yang terlibat dalam berbagai peran penting dalam organisme biologis, termasuk perakitan protein dan cara gen diekspresikan secara lebih umum.

(Baca juga: Penelitian: Otak Babi Dapat Bertahan Hidup Tanpa Tubuh)

Siput dilatih untuk mengembangkan reaksi defensif. Para ilmuwan memberi kejutan listrik ringan pada ekor spesies siput laut yang disebut Aplysia californica. Setelah guncangan ini diberikan, secara refleks siput menarik ekor dan tubuhnya masuk ke dalam cangkang, cara mereka melindungi diri dari bahaya.

Ketika para peneliti kemudian mengetuk siput, mereka menemukan mereka yang telah diberikan guncangan menunjukkan kontraksi defensif yang berlangsung sekitar 50 detik, sementara mereka yang tidak menerima guncangan dikontrak hanya sekitar satu detik. Siput yang terkejut telah “peka” terhadap stimulus.

Kemudian saat RNA dimasukkan ke dalam siput yang tidak mengalami proses ini, mereka berperilaku seolah-olah mereka telah peka.

Hasil penelitian yang diterbitkan dalam jurnal eNeuro ini sangat berguna untuk memberikan petunjuk baru dalam mencari dasar ingatan fisik. Diharapkan proses serupa suatu saat nanti bisa dikembangkan untuk kepentingan medis manusia.

# Ilmuwan Berhasil Mentransplantasi Memori Pada Siput (rsn-reinha)