Terkait Teroris, Wiranto: Percayakan Pada Undang-Undang

Terkait Teroris, Wiranto: Percayakan Pada Undang-Undang

Menko Polhukam Wiranto

REINHA.com – Menko Polhukam Wiranto mengatakan bahwa pemerintah dan aparat keamanan selalu berusaha untuk menciptakan suasana aman, damai, tenang dan kondusif. Tidak hanya ketika puasa tetapi sepanjang waktu siap berpikir, merencanakan sesuatu agar suasana dapat dikendalikan degan baik.

“Bukan hanya karena puasa kemudian kita siap melaksanakan pengamanan, tapi sepanjang waktu siap berpikir, merencanakan sesuatu agar suasana dapat dikendalikan dengan baik, dapat menimbulkan suasana yang aman, damai dan tentram. Itu kewajiban pemerintah.”

(Baca juga: Soroti Kurangnya Minat Baca Di Indonesia, Fadli Zon: Buku Masih Menjadi Barang Mewah)

Namun, cara untuk mengamankan itu tidak perlu dijelaskan kepada publik, apakah ada penambahan personil keamanan, melakukan blockade, atau melakukan penangkapan terhadap oknum-oknum yang mencurigakan, Menko Polhukam mengatakan bahwa itu merupakan urusan aparat keamanan.

Terkait penanganan masalah terorisme, Menko Polhukam menegaskan agar masyarakat mempercayakan pada Undang-Undang. Menurutnya, revisi UU Tindak Pidana Terorisme membuat apara keamanan memiliki keleluasaan yang lebih luas untuk menanggulangi terorisme.

“Saya katakan bahwa yang dicari aparat keamanan adanya payung hukum yang membuat mereka lebih leluasa untuk bertindak melakukan langkah-langkah preventif. Kalau sudah represif, sudah kejadian ya sudah ada korban.”

Pemerintah mengharapkan sebelum ada korban, sebelum aksi teror terjadi, sudah ada langkah-langkah untuk melakukan pengamanan. Hal tersebut membutuhkan payung hukum dan sedang diperjuangkan serta tidak perlu dipolemikkan.

# Terkait Teroris, Wiranto: Percayakan Pada Undang-Undang