KESEHATAN

Buah Delima Yang Terkontaminasi Tewaskan Seorang Wanita Australia

Buah Delima Yang Terkontaminasi Tewaskan Seorang Wanita Australia

Buah Delima Yang Terkontaminasi Tewaskan Seorang Wanita Australia
EPA

REINHA.com – Seorang wanita asal Australia meninggal dunia setelah terjangkit virus hepatitis A yang berasal dari sebungkus buah delima beku. Pejabat kesehatan Australia menyebutkan bahwa ini merupakan kasus yang cukup langka dan tragis.

Wanita berusia 64 tahun itu meninggal di Australia Selatan pekan lalu. Selain itu juga tercatat ada 24 kasus hepatitis A yang terjadi di Australia yang disebabkan oleh buah delima yang terkontaminasi.

Pejabat setempat telah mengeluarkan peringatan tentang produk buah keluaran Creative Gourmet Australia pada bulan April, karena dikaitkan dengan kasus penyebaran virus hepatitis A. Warga Australia juga didesak untuk memeriksa freezer mereka dan membuang paket buah beku.

“Kematian wanita itu adalah satu-satunya kematian yang terkait dengan produk yang saat ini sudah ditarik secara nasional” ucap kepala petugas medis Australia Selatan, Profesor Paddy Philips.

(Baca juga: Ilmuwan Australia Ciptakan Botol Bir Untuk Astronot)

Ada sekitar 2.000 paket buah delima asal Mesir yang dijual di Australia yang kemungkinan besar terkontaminasi virus tersebut. Pejabat setempat mengatakan bahwa buah delima segar dan produk lokal yang ditanam tidak terpengaruh.

“Sebagian besar orang yang terkena virus ini telah mengalami pemulihan penuh dan diperkirakan tidak ada kasus lebih lanjut” ucap Profesor Philips.

Hepatitis A, yang menyerang hati, biasanya menyebar melalui feses, ditularkan melalui hubungan seks atau dengan menyentuh makanan atau benda yang terkontaminasi.

Biasanya diperlukan waktu antara 15 dan 50 hari untuk mengembangkan gejala, yang meliputi mual, demam dan menguningnya kulit.

Entyce Food Ingredients mengatakan kontaminasi itu terkait dengan “batch yang relatif kecil” dari produknya.

Tahun lalu, perusahaan juga dipaksa untuk menarik pilihan produk buah beri yang beku setelah terkontaminasi virus hepatitis A.

Awal tahun ini, tujuh warga Australia meninggal setelah makan melon yang terkontaminasi dengan bakteri listeria.

# Buah Delima Yang Terkontaminasi Tewaskan Seorang Wanita Australia (rsn-reinha)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.