Survei OECD, Ekonomi Indonesia Tumbuh Positif Meski Mengalami Tekanan Global

Survei OECD, Ekonomi Indonesia Tumbuh Positif Meski Mengalami Tekanan Global

Survei OECD, Ekonomi Indonesia Tumbuh Positif Meski Mengalami Tekanan Global
Foto IG @Sri Mulyani

REINHA.com – Sekretaris Jenderal Organisation for Economic Co-operation and Development (OECD), Angel Gurria mengatakan bahwa tingkat kepercayaan (confidence level) kepada pemerintah Indonesia lebih tinggi daripada semua negara-negara OECD.

Hal ini diungkapkan Gurria ketika meluncurkan OECD Economic Survey Indonesia 2018 di Sofitel Hotel Nusa Dua, Bali tanggal 10 Oktober 2018 .

Survei ekonomi Indonesia oleh OECD dilakukan secara berkala setiap dua tahun sejak 2008. Survei tahun 2018 ini juga menandai peringatan 10 tahun kolaborasi pemerintah Indonesia dengan OECD dalam program ini.

(Baca juga: Fadli Zon Dan HKTI Minta Pemerintah Atasi Krisis Pakan Jagung)

Sri Mulyani Indrawati, Menteri Keuangan RI mengatakan bahwa dirinya mereasa sangat senang dengan pandangan umum OECD terhadap ekonomi Indonesia yang sangat positif dan sangat menginspirasi. Survei ini menunjukkan keadaan ekonomi Indonesia menunjukkan hasil pertumbuhan positif meski sedang mengalami tekanan penurunan ekonomi global.

Melalui survei ini pemerintah harus menaikkan pendapatan, memperkuat pemuda sebagai aset pembangunan yang belum termanfaatkan, serta memperkuat sektor pariwisata.

Untuk itu, pemerintah telah mempersiapkan antara lain: pemerintah mentargetkan peningkatan pemasukan pajak 16,4 persen pada 2019, kemudian sejumlah program peningkatan kapasitas pemuda seperti pendidikan anak usia dini dan akses terhadap sertifikasi guru dan dana operasional sekolah.

Sedangkan untuk pariwisata, Presiden Jokowi memberi perhatian khusus dan telah mengalokasikan dana khusus untuk mendukung pariwisata, serta terus melakukan pendekatan holistik sesuai dengan strategi nasional pariwisata.

# Survei OECD, Ekonomi Indonesia Tumbuh Positif Meski Mengalami Tekanan Global

  • 3
    Shares

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.