Debat Capres, Kementerian LHK: Terminologi Tidak Ada Kebakaran Adalah Tidak Terjadi Bencana

Debat Capres, Kementerian LHK: Terminologi Tidak Ada Kebakaran Adalah Tidak Terjadi Bencana
Karhutla Tanjung Riau, Sekupang (Kementerian LHK)

REINHA.com – Debat Calon Presiden (Capres) Indonesia 2019 putaran kedua, yang menghadapkan Joko Widodo, Capres 01 dengan Prabowo Subianto Capres 02, Minggu (17/02/2019) meninggalkan sejumlah pertanyaan ke publik.

Salah satu pertanyaan datang dari Greenpeace Indonesia. Melalui akun Twitter miliknya, Greenpeace mempertanyakan statement Jokowi bahwa tidak ada kebakaran hutan selama tiga tahun terakhir.

(Baca juga: Polisi Temukan Ladang Ganja Seluas 1,5 Hektare Di Purwakarta, Jawa Barat)

“Pak Jokowi tadi mengeluarkan statement bahwa tidak terjadi kebakaran hutan selama 3 tahun terkahir. Faktanya?” tulis Greenpeace Indonesia di akun Twitter miliknya.

“Sejak tragedi kebakaran hutan terbesar 2015, kebakaran hutan dan lahan terus terjadi setiap tahun hingga sekarang” lanjut Greenpeace.

Debat Capres, Kementerian LHK: Terminologi Tidak Ada Kebakaran Adalah Tidak Terjadi Bencana
@Twitter

Menjawab pertanyaan itu, Kementerian LHK mengklarifikasi dengan mengatakan bahwa terminologi tidak ada kebakaran hutan yang dimaksud adalah tidak terjadi bencana (mengacu pada pengertian Kebakaran hutan menurut Notohadinegoro, 2006). Bahkan sejak 2017, tidak ada asap lintas negara.

Menurut Kementerian LHK, langkah koreksi pemerintah, menghasilkan penurunan luasan kebakaran, dan tidak terjadi lagi asap lintas negara yang melumpuhkan aktivitas ekonomi di tingkat masyarakat.

“Faktanya, sejak 2017, bukan lagi pengekspor asap. Langakah percepatan penanganan yang dilakukan pemerintah berhasil tekan luasan kebakaran dan tidak terjadi lagi asap lintas negara yang melumpuhkan aktivitas ekonomi di tingkat masyarakat.” kata Kementerian LHK.

Berdasarkan data direktoral PKHL KLHK, pada tahun 2016 luas lahan yang terbakar adalah 14.604,84 Ha, ditahun 2017 luas lahan yang terbakar 11.127,49 Ha, angka ini terus menurun di tahun 2018, dimana pada tahun 2018 luas lahan yang terbakar seluas 4.666,39 Ha.

Mengenai tolak ukur bencana itu sendiri, faktanya ditahun 2018 bulan Agustus, terjadi kebakaran di Kalimantan Barat yang menyebabkan 4 orang meninggal dunia. Kebakaran ini juga mengganggu kesehatan masyarakat dan pendidikan anak sekolah.

# Debat Capres, Kementerian LHK: Terminologi Tidak Ada Kebakaran Adalah Tidak Terjadi Bencana

  • 6
    Shares