Ilmuwan Berhasil Menumbuhkan Organisme Purba Yang Bisa Menjadi Asal Mula Kehidupan Di Bumi

Ilmuwan Berhasil Menumbuhkan Organisme Purba Yang Bisa Menjadi Asal Mula Kehidupan Di Bumi
Lokiarchaeota adalah Archaea (inset) dengan beberapa karakteristik eukaryote @Wikimedia Commons

REINHA.com – Sebuah tim peneliti telah mengungkap misteri ilmiah dengan berhasil menumbuhkan bentuk kehidupan kuno di laboratorium, sebuah terobosan yang membawa kita selangkah lebih dekat untuk menemukan nenek moyang pertama kita di Bumi.

Organisme yang sebelumnya tidak diketahui itu digali di dasar samudra Arktik pada tahun 2010, dan dijuluki Lokiarchaeota untuk menghormati lubang hidrotermal Kastil Loki di mana ia ditemukan.

(Baca juga: China Luncurkan Satelit 5G Pertama Di Orbit Rendah Bumi)

Dikutip dari RT, yang membuat temuan ini penting adalah bahwa organisme aneh tersebut merupakan jenis mikroba, yang disebut Archaea, tetapi tampaknya memiliki karakteristik jenis yang sama sekali terpisah dari bentuk kehidupan awal, eukaryote. Secara signifikan, semua hewan, termasuk manusia, yang pernah berjalan di Bumi adalah eukariota.

Namun, keraguan muncul pada penemuan yang menakjubkan tersebut, dengan beberapa pihak yang mengklaim bahwa itu adalah hasil dari kontaminasi. Keraguan itu akhirnya dikesampingkan setelah tim ilmuwan Jepang, yang sudah mempelajari mikroba laut dalam, berhasil mengisolasi Lokiarchaeota dan menumbuhkannya kembali di laboratorium.

Untuk mencapai hal ini para peneliti mengumpulkan inti sedimen laut dalam dari Nankai Trough, 2.533 meter (8.310 kaki) di bawah permukaan laut, di lepas pantai Jepang pada tahun 2006. Mereka kemudian dengan hati-hati mengolah sampel selama lima tahun dalam sistem umpan metana, untuk meniru kondisi lubang metana laut dalam.

Tim kemudian menempatkan sampel dalam tabung gelas, memberi mereka nutrisi dan mengamati untuk melihat apa yang akan berkembang. Setelah setahun, tanda-tanda samar pertama Lokiarchaeota mulai berkembang.

Setelah beberapa tahun, para ilmuwan telah mengembangkan populasi yang sehat dari organisme aneh tersebut. Mereka menamakan mikroba mereka Prometheoarchaeum syntrophicum – Prometheus, yang menciptakan manusia dari tanah liat dalam mitologi Yunani.

Pengujian lebih lanjut mengungkapkan bahwa organisme hanya tumbuh bersama dengan satu atau dua mikroba lain dan memiliki tentakel panjang yang tumbuh dari tubuhnya, di mana mikroba mitra bersarang.

Dalam makalah mereka, yang diterbitkan di Nature minggu ini, para ilmuwan berhipotesis bahwa organisme yang dapat beradaptasi, bisa mengubah mitranya menjadi bakteri menggunakan oksigen, ketika unsur vital itu mulai meningkat di Bumi. Langkah krusial ini akan meningkatkan peluangnya untuk bertahan hidup dan bisa menetapkan jalan hidup seperti yang kita ketahui.

“Ini adalah makalah monumental yang mencerminkan sejumlah besar pekerjaan dan ketekunan,” kata ahli mikrobiologi evolusi Thijs Ettema, yang tidak terlibat dalam penelitian ini, kepada Nature. “Ini adalah langkah besar ke depan dalam memahami garis keturunan…”

# Ilmuwan Berhasil Menumbuhkan Organisme Purba Yang Bisa Menjadi Asal Mula Kehidupan Di Bumi

  • 8
    Shares