Iran Tantang Kanada Tunjukkan Data Intelijen Yang Menyebutkan Jet Ukraina Jatuh Akibat Rudal

Iran Tantang Kanada Tunjukkan Data Intelijen Yang Menyebutkan Jet Ukraina Jatuh Akibat Rudal
Pesawat Ukraina jatuh di Iran (AFP)

REINHA.com – Iran telah menolak klaim yang menyebutkan jatuhnya Boeing 737 Ukraina di dekat Teheran akibat terkena rudal. Iran menyebut klaim tersebut sebagai “perang psikologis” dan menyerukan negara-negara yang kehilangan warganya dalam kecelakaan itu untuk mengirim perwakilannya dalam penyelidikan.

“Semua laporan ini adalah perang psikologis melawan Iran,” kata juru bicara pemerintah Ali Rabiei, Kamis.

(Baca juga: Iran Luncurkan Serangan Kedua Terhadap Aset AS Di Irak)

“Semua negara yang warganya naik pesawat tersebut dapat mengirim perwakilan dan kami mendesak Boeing untuk mengirim wakilnya untuk bergabung dalam proses penyelidikan kotak hitam .”

Sementara itu, juru bicara kementerian luar negeri Abbas Mousavi telah meminta PM Kanada Justin Trudeau untuk berbagi informasi intelijen yang dia klaim dari “berbagai sumber” bahwa pesawat itu ditembak jatuh oleh rudal darat ke udara, lapor media pemerintah.

Kami meminta Perdana Menteri Kanada dan pemerintah lain yang memiliki informasi tentang kecelakaan itu untuk diserahkan kepada komite investigasi di Iran.

(Baca juga: Perang Besar Bisa Terjadi Karena Miskalkulasi, Pemimpin Yang Eratik Dan Nasionalis Yang Ekstrim)

Penerbangan Ukraina International Airlines, PS752 jatuh tak lama setelah lepas landas dari Teheran dalam perjalanan ke Kiev, Rabu pagi, menewaskan 176 penumpang dan awak pesawat. Ukraina telah mengirim simpatisan ke Teheran dan penyelidikan sedang dilakukan untuk mengetahui penyebab kecelakaan itu.

Iran telah menyambut semua negara yang kehilangan warga dalam kecelakaan itu, serta perwakilan Boeing, untuk mengambil bagian dalam penyelidikan, dan bahkan menyatakan akan meminta bantuan ahli Prancis atau Kanada untuk memecahkan kode data dalam kotak hitam yang diambil dari reruntuhan, dengan hasil yang “diterbitkan dan dipublikasikan ke dunia.” Namun, ia dengan tegas menolak menyerahkan kotak-kotak itu ke AS, dan membantah rumor “tidak logis” yang melibatkan Teheran dalam kecelakaan itu.

# Iran Tantang Kanada Tunjukkan Data Intelijen Yang Menyebutkan Jet Ukraina Jatuh Akibat Rudal

  • 8
    Shares

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.