Ilmuwan Bingung Kenapa Vaksin Influenza Dapat Meningkatkan Perlindungan Akan Infeksi COVID -19

Ilmuwan Bingung Kenapa Vaksin Influenza Dapat Meningkatkan Perlindungan Akan Infeksi COVID -19

Ilustrasi Vaksin @LuAnn Hunt from Pixabay

REINHA.com – Sebuah penelitian terbaru dari Michigan menemukan keanehan dan tampaknya sulit untuk dijelaskan hubungan antara vaksin influenza dengan penurunan resiko dan infeksi berat COVID-19.

Diberitakan RT, sebanyak 27.201 partisipan terlibat dalam penelitian tersebut. Mereka yang mendapatkan vaksin influenza di tahun sebelumnya, hanya sedikit yang positif terkena COVID-19 dibandingkan dengan mereka yang tidak mendapatkan vaksin influenza.

(Baca juga: Penelitian Mengidentifikasi “Senjata” Baru Dalam Memerangi Bakteri Yang Kebal Antibiotik)

Setelah mengontrol berbagai variabel demografi seperti etnik, ras, gender, umur dan kondisi kesehatan lainnya, hanya 4% dari mereka yang telah mendapatkan vaksin influenza dinyatakan positif COVID-19, tetapi angka kasus positif pada kohort meningkat menjadi 4,9% untuk mereka yang tidak mendapatkan vaksin.

Alasan secara statistik mengalami perbedaan secara signifikan masih menjadi misteri, dan mungkin saja tidak karena berbagai alasan medis, tetapi sebagai gantinya, hal ini merupakan hasil dari pilihan gaya hidup yang lebih bertanggung jawab sebagai bagian dari kekhawatiran pribadi, meskipun belum bisa dibuktikan secara pasti.

“Ada kemungkinan pasien-pasien yang menerima vaksin influenza adalah orang-orang yang menerapkan social distancing dan mengikuti petunjuk dari CDC,” kata Marion Hofmann Bowman seorang Kardiologis dari Universitas Michigan.

“Bagaimanpun, ada kemungkinan terdapat efek langsung secara biologis dari vaksin influenza pada sistem imun yang relevan untuk melawan virus SARS-COV-2.”

(Baca juga: Tinggalkan Jabatannya, Rahman Sukses Memproduksi Minyak Goreng Di Adonara)

Sebuah penjelasan yang mungkin adalah sesuatu yang disebut “imunitas terlatih”, yang mana pasien-pasien ini sebelumnya pernah terpapar patogen yang membuat sistem imun lebih “prima” sehingga siap dan bisa melawan patogen baru, dengan berbagai tingkat kesuksesan.

Hasil yang mirip pernah dikeluarkan pada penelitian sebelumnya, tetapi setidaknya dengan adanya kohort dari Michigan, pasien-pasien COVID-19 yang telah mendapatkan vaksin influenza pada tahun sebelumnya cenderung kurang untuk mendapatkan perawatan di rumah sakit.

# Ilmuwan Bingung Kenapa Vaksin Influenza Dapat Meningkatkan Perlindungan Akan Infeksi COVID -19

  • 8
    Shares

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.