BERITABerita Dunia

Pewaris Tahta Raja Thailand, Playboy Internasional

Pewaris Tahta Raja Thailand, Playboy Internasional

Pewaris Tahta Raja Thailand, Playboy Internasional

REINHA.com – Raja Thailand, Bhumibol Adulyadej, meninggal dunia dalam usia 88 tahun pada hari Kamis kemarin, 13 Oktober 2016, setelah kondisinya memburuk dalam beberapa tahun terakhir. Tahtanya sebagai orang nomor satu di Thailand akan diwariskan kepada Putra Mahkota Maha Vajiralongkorn, yang dijuluki sebagai playboy internasional.

Pangeran Maha Vajiralongkorn, 64 tahun, telah diumumkan sebagai pewaris tahta Adulyadej pada 40 tahun yang lalu. Namun pada 2015 lalu, petinggi dan masyarakat Thailand berpendapat bahwa Vajiralongkorn sangat tidak layak menjadi raja bagi masyarakat yang sebagian besar memandang monarki sebagai kekuatan untuk melestarikan budaya dan nilai-nilai moral Thailand.

Vajiralongkorn diketahui telah menikah setidaknya tiga kali, termasuk pernikahan keduanya dengan seorang pelayan dari mantan istri pertamanya. Pada tahun 2014 ia bercerai untuk ketiga kalinya, dan saat ini berencana menikahi seorang mantan pramugari yang tinggal di Munich, Jerman.

Gaya hidup playboy kelas internasional yang dijalani Vajiralongkorn bahkan diakui secara terang-terangan oleh ibunya sendiri. Dalam kunjungan ke AS pada tahun 1982, Ratu Thailand, Sirikit, mengatakan bahwa jika masyarakat Thailand tidak menyukai perilaku anaknya, maka ia seharusnya mengubah perilaku atau mengundurkan diri dari keluarga kerajaan.

Vajiralongkorn diharapkan akan diumumkan sebagai penerus tahta setelah kematian ayahnya, namun hingga saat ini pengumuman resmi masih ditunda dengan alasan masa berkabung. Keputusan ini belum pernah terjadi sebelumnya di kerajaan Thailand. (rt/rsn-reinha)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.