Bahaya Penggunaan Obat Tetes Mata Yang Tidak Sesuai Indikasi

Bahaya Penggunaan Obat Tetes Mata Yang Tidak Sesuai Indikasi

Bahaya Penggunaan Obat Tetes Mata Yang Tidak Sesuai Indikasi
Ilustrasi. (Foto: Redheal)

REINHA.com  – Banyak obat tetes mata yang dijual bebas di pasaran, dan seringkali disalahgunakan kegunaannya oleh masyarakat. Saat mengalami gangguan mata seperti mata merah, ataupun terasa kering, meneteskan obat mata menjadi salah satu pilihannya. Namun tidak banyak dari pengguna obat tetes mata yang mau membaca panduan penggunaan dan kandungan dalam obat tersebut.

Mata yang kering atau yang mengalami iritasi bisa disebabkan oleh bakteri, tapi bisa juga oleh alergi debu dan virus. Ada jenis obat tetes mata dalam bentuk artificial tears atau air mata buatan yang digunakan bila terkena debu, asap kendaraan, asap pembakaran, ataupun ketika seusai berenang. Obat tetes mata jenis ini tidak boleh digunakan dalam jangka waktu terlalu lama karena kadang dapat menyebabkan iritasi mata.

(Baca juga: Mengenal Sleep Paralysis, Gangguan Saat Tidur)

Obat tetes mata ada yang mengandung steroid dan antibiotik. Obat mata yang mengandung antibiotik hanya digunakan untuk mencegah bakteri yang mungkin akan menjadi penyebab timbulnya infeksi dan peradangan pada mata. Begitupun halnya dengan obat tetes mata yang mengandung steroid, fungsinya adalah untuk mengatasi peradangan pada mata.

Namun, penggunaan obat mata jenis steroid ini bila digunakan setiap hari dan dalam jangka waktu panjang akan meningkatkan penumpukan glikosaminoglikan (komponen struktural utama dari tulang rawan yang ditemukan dalam kornea), dan meningkatkan produksi protein di trabecular meshwork (saluran-saluran di mata). Penumpukan glikosaminoglikan ini dan produksi protein di trabecular mata akan menyumbat aliran cairan di dalam mata dan membuat tekanan bola mata meningkat, pandangan akan menyempit bahkan dapat berujung pada kebutaan.

Sebenarnya penggunaan obat tetes mata yang banyak dijual bebas memang bisa menjadi solusi yang mudah. Namun perlu diingat, ada beberapa kondisi atau keadaan yang perlu diperhatikan misalnya bila penggunaan obat tetes mata yang dibeli tidak mengurangi gejala, ada baiknya segera mengunjungi dokter spesialis mata, karena mata adalah salah satu organ yang amat penting nilainya untuk keberlangsungan hidup.

# Bahaya Penggunaan Obat Tetes Mata Yang Tidak Sesuai Indikasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.