Kasus Khashoggi, Uni Eropa Sepakati Kemungkinan Larangan Penjualan Senjata Ke Arab Saudi

Kasus Khashoggi, Uni Eropa Sepakati Kemungkinan Larangan Penjualan Senjata Ke Arab Saudi

@Oliver Weiken/Global Look Press

REINHA.com – Pembunuhan jurnalis Jamal Khashoggi mungkin akan memiliki konsekuensi yang luas bagi Arab Saudi. Para pemimpin Perancis dan Jerman menyepakati beberapa sanksi, termasuk kemungkinan larangan penjualan senjata ke Arab Saudi.

Dikutip dari RT, Uni Eropa akan membuat keputusan bersama tentang bagaimana menghukum Arab Saudi atas pembunuhan Khashoggi, Kanselir Angela Merkel mengatakan pada hari Sabtu, saat berbicara di Istanbul setelah pertemuan puncak Rusia-Turki-Perancis-Jerman tentang Suriah. Keputusan itu, termasuk larangan penjualan senjata potensial, dan akan sangat bergantung pada hasil investigasi pembunuhan, tambahnya.

“Kami menyetujui itu ketika kami memiliki lebih banyak penjelasan, dan kami mengandalkan itu, ketika kami tahu siapa di belakang ini, maka kami akan mencoba untuk menemukan solusi atau reaksi Eropa yang bersatu dari semua negara anggota Uni Eropa untuk menunjukkan bahwa kami bernegosiasi mengenai dasar dari nilai-nilai umum, “kata Merkel.

(Baca juga: IDF: Belasan Roket Ditembakan Ke Israel Dari Gaza)

Pernyataan serupa dibuat oleh Presiden Perancis Emmanuel Macron, yang bersikeras bahwa tindakan hukuman apapun terhadap Riyadh harus diambil hanya setelah penyelidikan atas pembunuhan Khashoggi selesai.

“Sangat penting bahwa pembunuhan jurnalis sepenuhnya diselidiki, bahwa pelaku ditemukan,” kata Macron. “Sanksi potensial harus sesuai dengan penyelidikan dan proporsional.”

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan, memperingatkan bahwa Ankara siap untuk mempelopori penyelidikan atas Khashoggi, jika Riyadh mencoba mengulur-ulur untuk alasan apa pun.

“Kejahatan itu dilakukan di Istanbul. Jika (Arab Saudi) tidak akan melanjutkan proses ini, pengadilan Turki siap untuk memulainya, ”Erdogan memperingatkan, menambahkan bahwa badan keamanan dan intelijen negara itu telah aktif menggali lebih dalam skandal insiden tersebut.

# Kasus Khashoggi, Uni Eropa Sepakati Kemungkinan Larangan Penjualan Senjata Ke Arab Saudi