Dukung Industri Inovatif Minyak Goreng Di Adonara, Pemda Flotim Siapkan Subsidi Dan Pemasaran

Dukung Industri Inovatif Minyak Goreng Di Adonara, Pemda Flotim Siapkan Subsidi Dan Pemasaran

Bupati Flores Timur Anton G Hadjon @reinha.com

REINHA.com – Untuk mendukung pertumbuhan industri lokal di Flores Timur (Flotim), berbagai upaya telah dilakukan oleh Bupati Antonius Hubertus Gege Hadjon. Salah satunya adalah membantu Kelompok Tani Milenial “Tho The Dore” yang memproduksi minyak goreng dan sabun cuci.

Kelompok Tho The Dore ini berasal dari Desa Wewit, Kecamatan Adonara Tengah, Kabupaten Flores Timur. Uniknya semua bahan yang digunakan dalam produksi minyak goreng dan sabun cuci tersebut berasal dari bahan baku lokal.

(Baca juga: KNPI Flores Timur Mengukuhkan Interisti Flotim)

Berbekal pengalaman dan modal seadanya, Tho The Dore telah membangkitkan usaha dan lapangan kerja baru yang kini mendapat dukungan dari Pemerintah Kabupaten Flores Timur. Dukungan tersebut diberikan oleh Bupati Anton dengan menyiapkan outlet penjualan dan membiayai pemasangan instalasi listrik di tempat produksi.

Saat ini, Bupati Anton sedang mengarahkan rekan kerja dan bawahannya untuk menyiapkan outlet dibeberapa tempat guna membantu pemasaran, memberi subsidi serta membeli produk tersebut untuk kebutuhan pasar murah. Dukungan ini untuk mewujudkan misi pemerintah, selamatkan orang muda.

Bupati Flores Timur Anton Hadjon pun telah memesan 20.000 liter minyak goreng untuk dijual pada kegiatan pasar murah yang akan diselenggarakan pada April 2021 mendatang.

Dukung Industri Inovatif Minyak Goreng Di Adonara, Pemda Flotim Siapkan Subsidi Dan Pemasaran
Minya goreng produksi To The Dore @reinha.com

(Baca juga: Pelepasliaran Harimau Sumatera Suro Ke Taman Nasional Gunung Leuser)

“Saya sangat senang ada anak muda Flores Timur yang mandiri dan sangat inovatif, pintar membaca peluang usaha dan tidak banyak mengeluh. Mereka datang ke saya bukan mengharapkan sepenuhnya bantuan dari pemerintah, tetapi mereka menceritakan ide dan kemajuan usaha mereka membangun industri minyak goreng dan sabun cuci di kampungnya. Saya beri apresiasi dan mendukung usaha ini, dengan memberi subsidi dan pemasaran lokal agar pada masa-masa rintisan ini, usaha mereka harus tetap hidup. Saya sarankan ke mereka untuk terus membuat hitungan-hitungan bisnis agar bisa menekan biaya produksi, membuat kemasan yang menarik agar bisa bersaing tidak hanya di pasar domestik, tetapi mampu menyasar sampai ke pasar global,” ungkap Anton Hadjon dengan bangga.

Anton menambahkan, dirinya berharap agar semakin banyak orang muda di Flores Timur melakukan hal yang sama seperti dilakukan Rahman. Rahman adalah contoh dari jawaban terhadap kondisi bonus demografi, dimana anak-anak muda menjadi garda terdepan meningkatkan produktivitas masyarakat.

“Ayo orang muda Flores Timur, jangan hanya diam dan terus mengeluh. Kalian punya banyak imajinasi dan kreativitas bahkan bisa mengubah dunia. Sekalipun dalam keterbatasan, Pemerintah pasti hadir dan memberi dukungan. Kalian perlu tahu, bahwa di abad ini, tidak ada satupun yang bisa menghentikan anda yang datang dengan ide dan gagasan,” tegas Anton.

# Dukung Industri Inovatif Minyak Goreng Di Adonara, Pemda Flotim Siapkan Subsidi Dan Pemasaran

  • 291
    Shares

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.