TEKNOLOGI

Astronom Temukan Galaksi Aneh Tanpa Materi Gelap

Astronom Temukan Galaksi Aneh Tanpa Materi Gelap

Astronom Temukan Galaksi Aneh Tanpa Materi Gelap
Gemini Observatory

REINHA.com – Para astronom saat ini sedang dibingungkan dengan penemuan sebuah galaksi aneh yang hampir tidak memiliki materi gelap. Galaksi yang berjarak 65 juta tahun cahaya dari Bumi ini menantang apa yang diketahui sebelumnya tentang pembentukan galaksi.

Para peneliti mengatakan bahwa galaksi ultra-difus yang dinamakan NGC1052-DF2 adalah yang pertama kali terlihat hampir tidak memiliki materi gelap. Mereka menemukan materi gelap, namun jumlahnya sangat sedikit.

Ada banyak misteri berputar-putar tentang sifat materi gelap, tetapi satu hal yang tetap diterima secara luas adalah bahwa itu adalah komponen fundamental dari galaksi, yang membuat jauh lebih banyak dari substansi mereka daripada materi normal. Itulah yang membuat penemuan terbaru begitu mengejutkan.

“Penemuan ini menantang apa yang diketahui tentang pembentukan galaksi. Dengan tidak adanya materi gelap sebenarnya dapat membantu untuk mendukung keberadaan materi yang sulit dipahami”

(Baca juga: Mark Zuckerberg Menyesal 51 Juta Data Pengguna Facebook Bocor)

“Menemukan galaksi tanpa materi gelap tidak terduga karena substansi misterius yang tidak terlihat ini adalah aspek paling dominan dari galaksi manapun” kata penulis utama Pieter van Dokkumn dari Universitas Yale.

“Selama beberapa dekade, kami berpikir bahwa galaksi memulai hidup mereka sebagai gumpalan materi gelap. Setelah itu, semua hal lain terjadi, gas jatuh ke dalam lingkaran cahaya gelap, gas berubah menjadi bintang, perlahan-lahan membangun, lalu berakhir sebagai galaksi seperti Bima Sakti” lanjut van Dokkumn.

Galaksi NGC1052-DF2 pertama kali terlihat menggunakan Dragonfly Telephoto Array di New Mexico, yang dibuat khusus untuk mendeteksi jenis galaksi ini. Galaksi ultra-difus pertama yang diketahui ditemukan pada tahun 2015.

Tapi, ketika para peneliti membandingkan dengan gambar dari Sloan Digital Sky Survey (SDSS), mereka melihat sesuatu yang aneh. Sementara gambar Dragonfly menunjukkan apa yang tampak seperti objek ‘gumpalan’, data SDSS menunjukkan koleksi sumber yang terang.

(Baca juga: Penelitian: Air Mungkin Tersebar Luas Di Permukaan Bulan)

“NGC1052-DF2 adalah suatu keanehan, bahkan di antara kelas galaksi yang tidak biasa ini,” kata Shany Danieli, mahasiswa pascasarjana Universitas Yale yang tergabung dalam tim.

Tim lebih lanjut menyelidiki galaksi menggunakan Gemini Multi Object Spectrograph untuk gambar yang lebih detail. Mereka juga menggunakan Keck’s Deep Imaging Multi-Object Spectrograph (DEIMOS) dan Low-Resolution Imaging Spectrometer (LRIS) untuk membedah cahaya yang berasal dari beberapa sumber yang terang.

Secara keseluruhan, mereka mengidentifikasi 10 gugus bola, masing-masing berisi sekelompok bintang kompak yang mengorbit inti galaksi. Pengamatan Gemini menegaskan bahwa NGC1052-DF2 tidak berinteraksi dengan galaksi lain.

Namun, kelompok-kelompok ini ditemukan bergerak jauh lebih lambat dari yang diperkirakan, menunjukkan massanya jauh lebih sedikit daripada yang terlihat.

Berdasarkan perhitungan tim, semua massa di galaksi dapat dikaitkan dengan bintang-bintangnya – yang berarti tidak mengandung materi gelap.

Menurut para peneliti, temuan aneh menunjukkan bahwa materi gelap adalah entitas dari haknya sendiri, terpisah dari galaksi.

“Penemuan ini menunjukkan bahwa materi gelap itu nyata, ia memiliki eksistensi terpisahnya sendiri, terpisah dari komponen galaksi lain,” kata van Dokkum.

# Astronom Temukan Galaksi Aneh Tanpa Materi Gelap (rsn-reinha)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.